Baru-baru ini, dunia maya sedang heboh fenomena trend “om tolelot om”. Aku pun sebenarnya baru cari tahu tadi malam, tapi pagi ini jadi heboh banget karena banyak orang (terutama di twitter dan instagram) memposting status maupun komen dengan kalimat “om telolet om”, apalagi beberapa artis dunia ikut-ikutan ngepost kalimat aneh itu. Haha.

Lantas apa sih Om Telolet Om itu?

Kalau kamu jalan-jalan di daerah Jawa melintasi jalan-jalan kota atau jalan provinsi, tak jarang kamu temui bus-bus besar kapasitas 40-60 penumpang yang mengantar penumpangnya dari provinsi satu ke provinsi lain, atau dari satu daerah ke daerah lain yang masih di wilayah Jawa. Bus-Bus ini milik perusahaan Swasta, seperti Nusantara, New Shantika, Harapan Jaya, Pahala Kencana, Ramayana, Rosalia Indah, Bandung Express, Sindoro Satriamas, dan masih banyak lagi. Menariknya, bus-bus angkutan antar provinsi ini memiliki ciri khas bunyi klaksonnya yang unik. Bunyinya tidak seperti bunyi klakson mobil biasa. Suara klaksonnya cinderung terdengar seperti terompet dengan berbagai macam nada doremifasolasido dan biasanya agak panjang durasi bunyinya. Bunyinya seperti “telolet telolet”, bukan “tin tin” seperti punya mobil-mobil pribadi, angkot, atau bus kota kebanyakan.

ahloo-bus-mudik-31zjsi1o7jvjqj1sr71atc

Lalu apa hubungannya dengan Om Tolelot Om yang sedang hingar bingar di mesdos sekarang?

Yuk kita lihat sejarahnya.

Awalnya sih dari niat baik seorang traveller (mungkin) yang ingin mengabadikan moment anak-anak yang kebetulan dia lihat, melalui video rekamannya. Ramai-ramai berdiri di pinggir jalan membawa banner ala kadarnya dengan tulisan “Om Telolet, Om”, anak-anak kecil polos itu berteriak-teriak girang setiap mereka dapati bus antar daerah itu melintas. Bersama-sama dengan suara cempreng mereka berteriak “Om Telolet, Om!!” sambil loncat-loncat semangat. Seakan Tahu, sopir bus pun membunyikan klakson “telolet” nya. Sontak deh anak-anak itu jingkrak-jingkrak bahagia. Pemilik akun youtube JointKopi kemudian mengupload video itu dengan judul “Om Telolet Om, Lihat Anak – Anak Ini! Ternyata Bahagia Itu Sederhana” pada tanggal 29 November 2016.

Kesan yang ingin dimunculkan sebenarnya sederhana juga, supaya yang menonton video ini terhibur melihat betapa polosnya anak-anak ini dalam mencari kebahagiaan. Ya, bahagia bagi anak-anak ini sederhana saja. Menunggu di pinggir jalan, lalu berteriak “Om Telolet, Om” dan ketika bus membunyikan klakson Telolet-nya, mereka gembira bukan kepalang seperti telah berhasil melakukan sebuah misi. Waktu pertama melihat video ini, aku cuman senyum-senyum sendiri, gemes, setengahnya merasa tergugah melihat anak-anak ini cukup bahagia hanya dengan mendengar bis membunyikan klakson. Sederhana, tapi dalem banget rasanya buat kita orang dewasa ya.

Lumayan menarik perhatian, akhirnya banyak saudara-saudara kita rame-rame mengunggah video yang isinya berteriak “Om Telolet Om” di pinggir jalan cuman supaya bus-bus besar yang lewat itu membunyikan klakson. Mulai dari kumpulan pemuda lengkap dengan atribut banner tulisan “Om Telolet Om”, polisi-polisi muda, remaja-remaja perempuan yang lagi jogging, sampai mbak-mbak yang nungguin bus-nya di terminal. Ini jadi semacam “challenge” dimana masing-masing berlomba-lomba mengunggah video “om telolet, om” mereka di youtube, facebook, path, instagram atau twitter. Bahkan sampai ada parodinya segala. Seperti video seorang pria receh bawa-bawa banner teriak “Om telolet, om” dan kemudian yang lewat alih-alih bus, justru malah pesawat terbang, kereta api, motor vespa, atau malah tukang siomay. Tentu saja ini dilakukan secara sengaja. Tujuannya? Ya cuman biar yang nonton ketawa aja melihat aksi konyol mereka. Alhamdulillah, memang tiada faedahnya tapi cukup menghibur dan bikin ngikik.

Mungkin dari sinilah, beberapa orang yang melihat moment ini lucu sebagai candaan/Joke. Sehingga kalimat “Om telolet, Om” jadi banyak dipakai oleh netizen lokal untuk mereceh. Receh atau istilah Joke Receh  sendiri disini artinya garing, rendah, tidak berkelas atau ga lucu (tapi akhirnya tetep diketawain), atau bisa juga aksi untuk mencari perhatian yang berakhir pada dicuekin atau malah bikin emosi jiwa, wahaha. Bisa dibilang juga kalau istilah Receh disini hampir mendekati kesan berisik, seperti bunyi jatuhan receh yang ganggu banget pokoknya. Entah kapan dan darimana istilah slang ini ada, tapi begitu kesan yang selalu ku dapati jika melakukan interaksi di medsos.

Kembali ke “Om Telolet, Om”. Kalimat ini jadi recehan orang indonesia untuk nge-spam (menyampah, mengganggu) akun-akun instagram dan twitter pada bagian komentar milik orang-orang populer. Yang paling sering direceh, sepertinya adalah akun-akun DJ Internasional yang sedang digandrungi anak muda banget seperti Zedd, DJ Snake, Yellow Card, dan beberapa DJ lain. Maksudnya mungkin caper ya, kayak “hey, DJ… play your music like those bus drivers honk their bus horn”, tapi caranya orang Indonesia yang receh… ya malah ngespam tulisan “Om Telolet Om”. Bikin kepo aja, lalu mereka riset dan setelah mengerti dan ikutan geli akhirnya musisi-musisi ini mengupdate status akun mereka dengan kalimat “Om telolet om”. Malah ada yang sengaja dibikin remix nya sama DJ DJ itu.

c0i9wtmuaaar3t7

c0kglxxuuae01aa

Nah mulai hebohlah orang Indonesia. Saking banyaknya respon retweet, like, repost dll yang didapat dan ramai dibicarakan orang, timbulah rasa kepo juga dari beberapa model, youtubers, gamers, dan orang-orang populer di dunia hiburan lain yang akhirnya juga mulai rame-rame ngepost kalimat “Om Telolet Om”. Ada juga yang sampai pusing tanya “What is Om Telolet Om” dan macam-macam lagi.

Parahnya, jokes  “Om telolet Om” ini dipakai para DJ buat ngetroll/ngespam akun instagramnya calon presiden baru Amerika, Donald Trump. Wah, lama-lama jokes ini jadi bisa dipakai buat ngetroll(ngerjain) orang di medsos nih!

c0kwsneuoaaafjr

Joke ini memang tidak melukai siapapun. Yup, these telolet jokes mean no harm at all. Aku yakin tidak  ada satupun orang yang diteriaki “om telolet om” akan marah. Ya tapi cukup ganggu dan ngeselin  juga sih iya karena sekarang di medsos telolet jadi dimana-mana. Sampe muak, dasar memang receh.  Latah dimana-mana. LOL

Aku sendiri sebenarnya nggak tahu apakah harus bangga karena trend telolet jadi mendunia, atau malu karena prestasi kita yang mendunia cuman gara-gara joke receh kayak gini. Yang pasti, saya tetep aja ngakak baca komen-komen netizen receh tentang om telolet om ini. Tambah parah ngakaknya ketika tau Joke ini juga dipakai musisi dunia. Aduh Biyung hahahaha.

Lawakan memang tidak terduga. Jokes ini jelas sudah viral. Padahal istilah telolet  sebenarnya secara onomatopoeia sudah sejak lama digunakan banyak anak-anak negri di Jawa untuk menyebut bunyi klakson bus. Indonesia di tengah isu SARA dan gencarnya politik pilkada yang bikin sebagian besar orang Indonesia pusing dan tegang, mungkin sesekali butuh hiburan receh supaya ketawa. Tidak perduli serendah apa candaannya, yang penting semua merasa terhibur, semua ngakak, semua semangat teriak “OM TELOLET OM” dan direspon bunyi klakson supir bus.

Salam Telolet!

 

Advertisements