Menu makan penyetan rasanya cukup populer beberapa tahun terakhir ini, apalagi di daerah jogja…tempat makan sambal penyetan udah jadi semacam tempat makan wajib bagi mahasiswa. Bagaimana tidak? Dengan harga yang murah meriah namun sudah lengkap lauk, nasi dan sambal penambah selera makan, tentu saja jadi primadona kalangan pelajar dan mahasiswa di kota berhati nyaman ini. 

Aku sendiri kenal menu makanan seperti ini sekitar 7 tahun lalu ketika teman di kantin kampus pesan makanan dengan harga Rp. 4.500 hanya dengan nasi, tahu tempe, sambal dan lalapan (timun dan kubis). Karena murah, akupun penasaran dan ikut pesan juga, tak disangka walau hanya berlauk tahu tempe, tapi pedas sambalnya yang mak greng ditambah seruputan es teh membuat makanan itu terasa sedap. Sejak itu, menu makanan penyet menjadi salah satu menu makanan favorit untuk santap siang. 

Tampilan bebek goreng penyet di salah satu warung penyetan di jakal, aku lupa nama warungnya haha

Penyet sebenarnya berasal dari bahasa jawa yang artinya lumat. Ini dapat dimengerti karena pada awalnya, penyetan dikenal lebih dulu di daerah jawa timur dan surabaya dimana lauk tahu tempe dilumat dengan sambal, alias di pencet/digencet dengan sambal pakai ulekan. Pencet/gencet bagi orang jawa dilafalkan penyet, jadilah menu makanan tempe penyet, alias menu makanan tempe pedas dipencet sambal pakai ulekan. 

Namun pada perkembangannya, lauk penyet tidak melulu harus tempe. Selera masyarakat yang berkembang menjadikan lauk penyet bervariasi. Ada ayam, bebek, lele, ikan, telur, cumi, udang, dll.. Bahkan untuk penyajiannya, sambal tidak lagi dihidangkan dengan dipencet ke lauknya, tapi dihidangkan di pinggir alias makannya dicocol wakakaka. 

Tampilan menu ayam penyet di Ayam Penyet Suroboyo

Di Jogja, beberapa warung penyet dimodifikasi menjadi warung sambal, yaitu menawarkan berbagai jenis sambal untuk menjadi teman hidangan lauknya. Sebut saja warung Super Sambal atau SS, yang sudah menggunakan sistem franchise. Atau warung Aldan, Ayam penyet suroboyo, sambel layah, pondok cabe, dan sebagainya. Selain warung-warung franchise ini, warung-warung sambal penyetan kaki lima pinggir jalan juga tidak kalah banyak diserbu manusia-manusia kuliner dan mahasiswa. Tempat penyetan pinggir jalan favoritku sih yang terletak di seberang laboratorium mikrobiologi UGM, disana sambalnya mantap plus lauknya macam2.. Ada hati, puyuh, otak-otak, scalop.. Dan yang bikin ketagihan itu sambal nya.. Sedap! 

Tampilan menu penyetan di warung makan Aldan

Nah, itu sedikit tulisan tentang menu makanan penyetan. Sebenarnya kalau mau bikin penyetan sendiri di rumah itu bisa-bisa saja, asal kamu jago bikin sambal. Itu aja kunci kesuksesannya πŸ˜‹

Advertisements