Wisata, atau bahasa kerennya traveling, atau bahasa dulunya piknik… Siapa sih yang nggak pingin? Tiap orang pasti suka berwisata. Apalagi jaman sekarang wisata udah jadi kebutuhan, kebutuhan untuk melepas stress, kebutuhan untuk mendapatkan pengalaman baru, atau untuk eksis di media sosial (ya cekrek sana sini, share di instagram.. “Hey dear followers, Gue bisa jalan-jalan… Gue seneng”) 
Aku pribadi sih membutuhkan sebuah wisata untuk mendapatkan pengalaman. Soal eksis di medsos dan melepas stress itu tujuan 2 dan 3 lah ya, tapi pergi wisata untuk mendapatkan pengalaman baru itu selalu jadi kesenangan dan ketertarikan sendiri. 

Tapi, tau nggak sih kalau wisata itu sendiri banyak macamnya? Aku sendiri sudah observasi dan sampai pada kesimpulan bahwa terdapat 5 macam wisata. Nah, wisata mana nih yang jadi favorit kamu?

1. Wisata Alam

Buat kamu yang hobi menjelajah gunung-gunung, pergi ke pantai, explore hutan, gua, air terjun dan sungai, nah berarti kamu sangat tertarik dengan jenis wisata ini. Kamu adalah orang yang suka tantangan, suka dengan keindahan alam dan terkesima dengannya. Kamu tidak akan masalah dengan perjalanan jauh, perjalanan yang penuh rintangan, jalan kaki, keterbatasan akses jalan atau transportasi, dan akan sangat bangga jika kamu bisa jadi orang pertama yang menemukan lokasi alam yang indah untuk kamu nikmati sendiri atau dengan kelompok wisata kecilmu. Kamu tidak akan kenal kata capek sebelum mencapai lokasi indah alam yang ingin kamu saksikan. Kamu benar-benar penjelajah alam, dan aku harap juga orang yang perduli dengan alam dengan selalu ingin menjaga keindahan dan kebersihan lokasinya. Karena lokasi-lokasi wisata alam inilah yang kamu tuju, kamu adalah sosok yang pantang menyerah. 

Kalau kamu terlalu capek dengan jalan kaki, takut dan tidak mau mengambil resiko untuk melalukan perjalanan menantang menuju lokasi untuk melihat indahnya alam di sebelah sana, ya berarti bukan ini wisatamu. Stop memaksa untuk datang ke tempat-tempat wisata alam seperti gunung, pantai, hutan, gua, air terjun, dan sungai-sungai karena kamu tidak akan menghargai keindahan alam ini, kamu akan sibuk potret sana sini dan diri kamu sendiri dengan latar belakang alam tadi, kamu akan jadi poser aja.. Yang mendadak jadi pecinta alam demi fotonya di like followers so, be honest with your liking. 

2. Wisata Belanja

Ini pasti jadi favorit kebanyakan orang Indonesia ya. Kemana-mana kalau wisata pasti ada yang namanya “oleh-oleh” atau membeli sesuatu di lokasi/kota tujuan wisatamu. Kalau itu yang terpikir olehmu ketika kamu hendak melakukan perjalanan wisata, berarti wisatamu adalah wisata belanja. Kamu tidak akan masalah menghabiskan 2-3 hari mengelilingi pasar, shopping mall, atau ke pusat-pusat belanja di lokasi wisata. Dan bukan suatu masalah juga bagimu jika kamu menghabiskan uang untuk belanja dalam perjalananmu. 

Banyak sekali negara-negara yang mengandalkan wisata ini untuk menjadi destinasi utama pelancong, seperti beberapa pusat kota di Eropa, macam Paris, Milan, dan beberapa pusat kota di Asia, kayak Singapore, Kuala Lumpur, Bangkok, dan tentu saja ada di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan kota-kota lain di seluruh Indonesia. Wisata belanja cukup menyumbangkan keuntungan banyak bagi negara, dan bisnis usaha barang. Tentu saja yang hobi dengan wisata ini adalah mereka yang kebanyakan duit. Haha.. 

2. Wisata Kuliner

Ini adalah wisata kuliner favoritku. Setiap aku berwisata atau melakukan perjalanan ke suatu tempat, aku pasti selalu berpikir makanan apa yang bisa aku coba di lokasi wisata. Bahkan di kotaku sendiri aku suka berwisata kuliner dengan mengunjungi beberapa tempat makan unik dan baru untul dicoba makanannya. Perut kenyang, hati senang. Bisa menyicipi santapan khas daerah, maupun berbagai macam resep-resep makanan unik dan baru merupakan kesenangan dan kebahagiaan sendiri dalam pengalamannya. Jujur saja, kebutuhan akan makanan juga sama kuatnya dengan kebutuhan jalan-jalan. Dengan berwisata kuliner, kamu bisa jalan-jalan sekaligus makan. Tujuanmu adalah makan, jadi kamu tidak akan masalah mengeluarkan uang untuk hal ini. 

4. Wisata Sejarah-Budaya 

Ini adalah destinasi wisata kedua favoritku. Aku suka banget sama cerita, dan kelebihan dari mengunjungi wisata sejarah budaya adalah adanya cerita dibalik situs-situs destinasi wisatamu. Destinasi wisata ini menawarkan tempat-tempat bersejarah, pengetahuan di masa lampau, gambaran kejayaan masa lampau dan budaya yang membuat kita terpukau. Contoh lokasi wisata sejarah budaya bisa kita lihat di spot-spot candi, seperti candi borobudur, tembok besar di China, Colloseum, Istana dan Kastil, dll. Biasanya spot-spot ini biasa menjadi landmark di suatu negara. Misalnya Paris dengan menara Eiffel nya, Indonesia dengan candi Borobudur nya, Amerika dengan patung Liberty nya, China dengan Istana Terlarang nya. Semuanya punya cerita dan tak jarang wisata-wisata jenis ini memberikan pengetahuan yang lebih untuk para pelancongnya. Jadi bukan kenikmatan pemandangan alam saja, tapi juga pengetahuan sejarah, pendidikan dan budaya yang kita dapat. 
Sekarang ini banyak yang sedang membangun desa wisata. Nah aku pikir jenis wisata ini dibangun untuk mengenalkan budaya di pedesaan dan konsentrasi pada kebiasaan masyarakatnya. Indonesia punya potensi besar untuk mengembangkan wisata sejarah dan budaya karena kejayaan negeri kita di masa lampau dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya yang menjadi daya tarik wisatawan. 

Kalian yang suka dengan destinasi wisata seperti ini, pasti semangat sekali mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan penuh dengan budaya. Kamu yang suka belajar dan suka dengan pengetahuan baru, tidak akan segan-segan mengeluarkan kocek untuk menjadi saksi kemegahan sejarah dan budaya suatu tempat. 

5. Wisata Hiburan

Ini adalah wisata untuk mereka yang santai, dan biasanya cukup di perkotaan saja. Ya, wisata hiburan adalah termasuk destinasi wisata yang dibuat oleh manusia. Tempat-tempat seperti wahana bermain, gedung bioskop, gedung opera, nonton konser, ke kebun binatang, ke water park, ke taman kota… mungkin masuk ke kategori wisata ini. Di Indonesia, kita kenal Dufan, Trans Studio, di Amerika, Jepang, dan Prancis kita tahu ada Disneyland dan Universal Studio. Tempat-tempat seperti ini biasanya jadi favorit wisata keluarga. Banyak pengalaman seru tentunya, hiburan buatan manusia yang kreatif dan membuat kamu senang. 

Kalau wisata nonton konser? Ya aku menyebutnya wisata. Wisata hiburan seni musik dan budaya pop. Kamu senang berwisata ke suatu negara dengan tujuan nonton konser idola, ya itu juga wisata loh. Hahaha. Pergi ke bioskop juga aku anggap wisata. Intinya wisata adalah perjalanan ke suatu tempat yang menghibur dan membuat kamu senang. 

Jadi mana nih wisata favorit kamu? Apapun wisata tujuan dan jenisnya, usahakan untuk jadi wisatawan yang bertanggung jawab ya. Tidak ada yang melarangmu foto-foto biar eksis dan membaginya di sosial media, asal tau adabnya dan jangan jadikan dirimu objek utama dalam perjalananmu. Kamu harus aware dengan sekitarmu karena kamu belajar dari semua destinasi wisatamu. Dengan wisata alam, kamu belajar untuk mensyukuri kebesaran pencipta-Mu. Dengan wisata belanja, kamu belajar untuk melakukan kegiatan ekonomi lebih bijak. Dengan wisata kuliner kamu belajar untuk menghargai usaha seseorang mengajikan masakan, bahkan bisa belajar filosofi segala. Dari wisata sejarah-budaya kamu belajar banyak pengetahuan dan mengerti akan budaya diluar kebiasaanmu dan menghargainya. Dan dengan wisata hiburan, kamu menghargai waktu kebersamaanmu dengab keluarga dan teman-temanmu. Menarik ya!

Advertisements